Rabu, 22 Juli 2009

kelajuan



Penerapan Rumus Fisika

Nah…..sekarang akan kita bahas rumus-rumus Fisika mana saja sih yang sering dipakai untuk membuat game??? Sebenernya rumusnya sederhana. Yaitu rumus umum yang sudah sering kita pelajari selama ini.

1.Kecepatan ( Velocity )
Kecepatan dan kelajuan hampir sama. Namun bedanya kecepatan adalah besaran skalar, sedangkan kelajuan adalah besaran vektor.
Rumus dasar kecepatan :
v = s/t.
Dimana s adalah jarak dan t adalah waktu.


2.Kelajuan ( Speed )
Kelajuan adalah kecepatan sebuah benda yang bergerak ke arah tertentu. Rumusnya sama dengan kecepatan, hanya saja ada komponen vektor arah yang diterapkan.
Bagaimanakah penerapan dalam Action Scrip?Misalnya saja ada komponen d yang merupakan jarak dalam satuan pixel. Dan komponen t adalah waktu atau frame. Jika suatu MovieClip berpindah tempat sejauh 30 px dalam 10 frame, maka dapat dikatakan bahwa kecepatannya adalah 3 px/frame. Karena menggunakan frame, kecepatan pergerakan MovieClip tersebut sangat dipengaruhi oleh nilai fps FlashMovie. Makin tinggi fps semakin cepat MovieClip bergerak. Kitapun dapat mengganti kecepatanya dalam detik.



3.Percepatan ( Acceleration )
Sama halnya dengan kelajuan, percepatan juga merupakan vektor. Bedanya adalah kelajuan mengubah posisi sebuah objek, sedangkan percepatan mengubah kelajuannya.
Sebagai contoh: jika sebuah objek bergerak dalam kecepatan 3px/frame dengan percepatan 0.1, artinya dalam setiap frame, kecepatannya akan bertambah 0.1px/frame.



4.Hukum II Newton
Percepatan sebuah objek berbanding terbaik dengan massa dan berbanding lurus dengan gaya eksternal
Rumus dasarnya adalah :

F = m * a
Dimana F = force ( Gaya ), m = massa, a =percepatan.

Sebagai contoh penerapanya dalam ActionScript, kita punya sebuah objek yang menerima gaya dorong ( keatas ) dan gaya tarik ( kebawah ). Jika gaya dorong lebih besar dari gaya tarik, maka benda akan bergerak keatas.



5.Gravitasi
Gaya tarik gravitasi antar 2 objek dapat dihitung dengan rumus:




F = gaya tarik
G = konstanta gravitasi
m1 = massa objek 1
m2 = massa objek 2
r = jarak antar objek 1 dan 2

Dalam membuat aplikasi Flash, kadang kita perlu menyederhanakan rumus-rumus fisika. kita nggak perlu menggunakan konstanta gravitasi beneran. Kita anggap saja nilainya 1, jadi rumus grafitasinya menjadi :




Tidak ada komentar:

Posting Komentar